Pesan utama yang muncul dari penilaian global komprehensif baru ini adalah bahwa kematian dini dan penyakit dapat dicegah melalui lingkungan yang lebih sehat – dan pada tingkat yang signifikan. Menganalisis data terbaru tentang hubungan penyakit lingkungan dan dampak buruk dari bahaya dan risiko lingkungan terhadap kesehatan global, didukung oleh pendapat ahli, laporan ini mencakup lebih dari 100 penyakit dan cedera.

Analisis terbaru untuk tahun 2016 (hasil dapat diunduh di bawah di bawah “Tabel data 2016 yang diperbarui”) menunjukkan bahwa 24% kematian global (dan 28% kematian pada anak balita) disebabkan oleh faktor lingkungan yang dapat dimodifikasi. Enam puluh delapan persen dari kematian yang disebabkan ini dan 51% dari DALY yang disebabkan dapat diperkirakan dengan metode penilaian risiko komparatif berbasis bukti, penilaian paparan lingkungan lainnya diselesaikan melalui perkiraan epidemiologi tambahan dan pendapat ahli. Penyakit jantung iskemik, penyakit pernapasan kronis, kanker, dan cedera yang tidak disengaja berada di urutan teratas. Orang-orang di negara berpenghasilan rendah dan menengah menanggung beban penyakit terbesar.

Penilaian ini harus menambah dorongan untuk mengoordinasikan upaya global untuk mempromosikan lingkungan yang sehat – seringkali melalui intervensi yang efektif dan hemat biaya. Analisis ini akan menginformasikan mereka yang ingin lebih memahami semangat transformasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang disepakati oleh Kepala Negara pada September 2015. Hasil analisis menggarisbawahi pentingnya tindakan lintas sektoral yang lebih kuat untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat yang akan berkontribusi pada peningkatan berkelanjutan kehidupan jutaan orang di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *